Workshop on Astrophotography

KABAR LTPS - Admin | 2/10/2014 | 1397 kali dibaca

astroAstrofotografi merupakanpenerapan fotografi yang dikhususkan untuk memotret objek atau fenomena astronomis serta langit malam. Tidak seperti memotret pada umumnya, astrofotografi memerlukan teknik-teknik khusus dalam proses pengambilan gambar. Pusat Studi Astronomi (PASTRON) UAD bekerjasama dengan LTPS mengadakan kegiatan pelatihan astrofotografi untuk mahasiswa dan dosen. Pelatihan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa teknik fotografi benda-benda langit. Secara khusus kegiatan ini ditujukan untuk menyambut gerhana bulan (8 Oktober 2014) mendatang.

Workshop yang diadakan tanggal 27-28 Sept 2014 ini menghadirkan Ronny Syamara, staff Planetarium Jakarta sebagai pembicara utama. Kegiatan ini terbagi menjadi 5 sesi yang diadakan secara beruntun. Sesi satu, Yudhiakto Pramudya membawakan materi seputar Astronomi dan kegiatan PASRON. Sesi dua dipaparkan materi tentang kamera dan teknik fotografi  astronomis. Sesi yang ketiga adalah tentang Galaksi Bimasakti (Milky Way). Sesi yang keempat berupa praktek memotret milky way, sesi empat ini diadakan di OKE (Observatorium Kampus Empat) UAD. Sedangkan sesi terakhir berupa proses editing foto menggunakan perangkat Adobe Photoshop Lightroom.

Dengan kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dan dosen bisa mempunyai standar kemampuan dalam memotret objek-objek astronomis. Selain itu diharapkan pula banyak orang semakin mencintai dunia Astronomi. Karena dengan keindahan Astronomi kita bisa melihat Kekuasaan Sang Illahi.

 

Diarsip dalam: Berita, Tulisan |