Simulasi Hukum Newton

KABAR LTPS - Rachmad Resmiyanto | 17/10/2011 | 4094 kali dibaca

Program simulasi Hukum Newton

Pemahaman konsep hukum 1 dan 2 Newton sangat penting. Bisa dikatakan dalam kalimat yang ekstrim, bahwa sebenanrnya seluruh persamaan fisika dapat dikembalikan dalam 3 hukum Newton. Karenanya, pemahaman yang benar tentang hukum 1 dan 2 Newton perlu mendapat penekanan.

Untuk membantu pemahaman murid tentang kedua hukum ini, kita dapat membuat lembar kerja siswa (LKS) yang sederhana sebagai lembar kerja untuk program simulasi Physics Education Technology (PhET).

Tujuan Pembelajaran:

Murid dapat memahami konsep Hukum I, II Newton.

Kegiatan:

Diagram Benda Bebas

1. Di pojok kanan atas nampak diagram gaya-gaya yang bekerja, diagram ini disebut digaram benda bebas. Cobalah lakukan simulasi sampai diagram benda bebas menunjukkan 5 anak panah dengan warna yang berbeda. Tulislah nama setiap anak panah tersebut dan apa yang diwakilinya!

2. Jelaskan tujuan diagram benda bebas dan bagaimana caranya diagram ini dapat membantu kita untuk melihat gaya-gaya yang bekerja pada sebuah objek!

Tinjauan Hukum Pertama Newton

3. Sekarang matikan gesekan (friction off) pada panel kanan. Kenakanlah suatu gaya kepada 5 objek yang ada. Amati dengan cermat apa yang terjadi. Catatlah hasil pengamatan Anda!

4. Kenakan gaya “sesaat” saja kepada objek dan kemudian amati apa yang terjadi. Gunakan berbagai grafik yang ada untuk membantu penjelasan Anda.

5. Jelaskan apa yang harus Anda lakukan untuk menghentikan objek.

Hukum Kedua Newton

6. Rancanglah suatu metode yang sistematis untuk menentukan bagaimana gaya, massa dan dan gerakan saling berhubungan. Jelaskan metode yang sudah Anda susun. (Anda dapat memanfaatkan grafik)

7. Sekarang, pilihlah satu objek saja. Kenakanlah pada objek tersebut sebuah gaya, terus amati berapa percepatannya. Lakukanlah langkah ini sampai beberapa kali dan kemudian buatlah grafiknya. Besaran apa yang anda dapat? Berdasarkan grafik yang Anda buat tadi, simpulkanlah dalam sebuah persamaan. (Ingat: besaran yang menjadi sebab selalu merupakan sumbu x dan besaran akibat selalu sumbu y.)

8. Anda dapat mengulangi langkah di atas untuk objek-objek yang lain.

9. Sekarang hidupkan kembali gesekan (friction on). Bagaimana gesekan mempengaruhi validitas dari persamaan Anda?

Gesekan dan Hukum Kedua Newton

10. Hidupkan gesekan (friction on) pada panel kanan. Jelaskan mengapa objek (misalnya buku) tidak bergerak ketika gaya yang dikenakan kepada objek tersebut bernilai kecil. Hubungkan situasi ini dalam kehidupan sehari-hari.

11. Ketika Anda mengenakan gaya kepada objek dan objek mulai bergerak, apa yang terjadi dengan gaya gesekan?

 

Unduh LKS Hukum 1, 2 Newton: http://ltps.uad.ac.id/download/8/