Melatih Guru SD Mencipta Media Pembelajaran IPA

KABAR LTPS - Admin | 13/10/2015 | 1445 kali dibaca

Eksperimen with VernierMedia pembelajaran sangat membantu guru dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa. Semakin menarik media yang digunakan maka siswa akan semakin tertarik untuk mengikuti pelajaran yang disampaikan. Media pembelajaran dapat berupa apa saja, mulai dari barang bekas untuk demo eksperimen, aplikasi menarik dengan animasi dan simulasi, bahkan dapat berupa video pembelajaran. Namun kebanyakan guru belum dapat memaksimalkan alat yang ada untuk membuat media yang menarik. Karena itu pada 04 dan 05 September 2015, Tim LTPS memberikan pelatihan Multimedia Pembelajaran IPA untuk guru SD di Gedung Dakwah Muhammadiyah Bantul.

Pada hari pertama pelatihan ini diisi oleh Bapak Drs. Ishafit, M.Si. yang menyampaikan peranan IT dalam pemanfaatannya sebagai media pembelajaran. Beliau mengenalkan beberapa perangkat eksperimen dari Vernier dan juga perangkat lunak apa saja yang dapat menunjang pembelajaran. Mulai dari perangkat Simulasi PhET, Encarta, dan Microsoft Student. Beliau juga memberikan kesempatan kepada peserta untuk dapat mencoba langsung alat eksperimen dan perangkat lunak tersebut.

Sedangkan pada hari kedua pelatihan diisi dengan praktek mengajar oleh peserta menggunakan PhET yang dilanjutkan pembuatan media pembelajaran mandiri dengan Microsoft PowerPoint. Peserta sangat antusias ketika mengikuti pelatihan pembuatan media dengan Microsoft PowerPoint ini, karena bagi peserta perangkat lunak yang biasanya digunakan untuk membuat media presentasi ternyata dapat dimanfaatkan untuk membuat aplikasi pembelajaran mandiri. Dari peserta terlontar pertanyaan-pertanyaan yang menarik saat mengikuti pelatihan ini. (m)

Diarsip dalam: Berita |

  • http://cakrawalasains.com/ IMAM KHOIRI

    saran pak, coba videonya juga di upload agar bisa ditonton sebagai pembelajaran yang lainnya.. terimakah atas responnya..

  • Admin

    Terima Kasih Pak Imam Khoiri atas saran yang Anda berikan, akan segera kami tindaklanjuti.