Kunjungan MGMP Fisika SMA/MA Semarang

KABAR LTPS - Admin | 16/09/2009 | 1521 kali dibaca

Sebanyak 40 guru fisika yang tergabung dalam wadah Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Fisika SMA/MA Kota Semarang melakukan kajian banding di Pendidikan Fisika Universitas Ahmad Dahlan pada Sabtu 08 Agustus 2009.

Kedatangan guru-guru fisika dari kota pesisir utara Jawa Tengah ini bermaksud untuk mempelajari perkembangan terkini tentang penerapan teknologi informasi dan komunikasi (TIK atau ICT) dalam pembelajaran fisika.

Kedatangan 40 guru fisika ini disambut oleh Wakil Dekan FKIP UAD Dra. Triwahyuningsih, M.Hum. Selanjutnya Dr. Moh. Toifur selaku Kepala Lab. Fisika UAD memberikan penjelasan tentang seluk-beluk kinerja lab. dan rekam jejak (track record) penelitian dan pengabdian yang pernah dilakukan selama ini. Salah satunya adalah perjalanan lapangan (field trip) bersama MGMP Fisika Bantul di Pantai Parangtritis untuk mengukur kekuatan kincir dalam menghasilkan tenaga listrik dan mengukur kandungan pasir besi di hamparan pasir pantai.

mgmpfisikaSMG-09-2

Pembicara berikutnya, Drs. Ishafit, M.Si yang juga Dekan FKIP dan aktif di Laboratorium Teknologi Pembelajaran Sains (LTPS) memberikan wawasan sekilas lintas (overview) model-model pembelajaran fisika dengan TIK dan kemudian melakukan demonstrasi demi demonstrasi. Bola yang dilempar ke atas diambil videonya kemudian ditelisik dengan software Logger Pro. Pembelajaran macam ini belum banyak diterapkan di sekolah-sekolah.

mgmpfisikaSMG-09-1

Materi ketiga diberikan oleh Rachmad Resmiyanto, S.Si tentang Simulation based laboratory. Ia menyampaikan bagaimana menggunakan simulasi-simulasi fisika untuk pembelajaran fisika di kelas. Penekanannya adalah bagaimana menyusun desain pembelajaran yang optimal berdasarkan simulasi-simulasi Physics Education Technology. Simulasi-simulasi yang ada dapat digunakan di kelas sebagai alat bantu mengajar dan demonstrasi, di laboratorium sebagai praktikum dan di rumah sebagai tugas dan pengembangan konsep yang sudah diberikan.

mgmpfisikaSMG-09-5

Acara ini diikuti dengan penuh antusias oleh seluruh peserta. Seusai presentasi dan demonstrasi, beberapa guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan. Acara kemudian ditutup pada pukul 17.00 WIB dengan saling menyerahkan cenderamata dan foto bersama.

mgmpfisikaSMG-09-3

Diarsip dalam: Berita |