Bincang Bintang #1 : Kobarkan Semangat Mahasiswa

KABAR LTPS - Admin | 21/06/2013 | 1069 kali dibaca

Bincang Bintang #1

Bincang Bintang #1

LTPS, kembali punya gawe. Setelah sukses dengan program kuliah non kurikuler dan kelompok studi LaTeX-nya, kini LTPS mempunyai program baru yang bertajuk “Bincang Bintang”. Kegiatan ini  seperti sharing dengan orang-orang yang sudah sukses agar bisa memotivasi mahasiswa.

Kali pertama Bincang Bintang digelar pada hari Kamis, 20 Juni 2013 dengan mendatangkan Mas Unggul Anggoto Aji. Beliau merupakan konsultan pembangunan daerah-daerah tertinggal, beliau juga merupakan Project Manager dalam Community Development di Irian, Sulawesi, dll. Tiap kali pemerintah pusat/Pemda akan mengembangkan suatu daerah yang tertinggal, pasti nama beliau lah yang disebut sebagai konsultan. Super Sekali.

Pada kesempatan ini, beliau memaparkan kisah suksesnya hingga menjadi sekarang ini. Ternyata kesuksesan Mas Unggul ini berangkat dari kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) UGM. Beliau beserta kelompoknya berhasil mengatasi kekeringan di Desa Giricahyo, Kec. Purwosari, Gunungkidul, DIY dengan cara Eksploitasi Air Gua Plawan. Air sungai bawah tanah yang ada di gua Plawan mereka angkat menggunakan generator dengan tenaga surya. Akhirnya kegiatan KKN itu mendapat penghargaan sebagai KKN Percontohan Tingkat Nasional tahun 2006. Dengan motto “Tidak Ada Hal yang Tidak Bisa Dilobi”, beliau bisa menaklukan menteri PU kala itu untuk memberikan kucuran dana yang sangat fantastis, 1,5M untuk pembangunan instalasi pengangkatan Air Gua Plawan.

Pesan Mas Unggul “Jangan pernah memandang karena saya ini UGM dan anda UAD. Kita semua mempunyai kesempatan yang sama jika kita mau. UGM dan UAD mempunyai karakteristik dan keunggulan yang berbeda yang bisa untuk dikembangkan. Banyak mahasiswa UGM yang tidak sukses”. “IPK itu bukan hal utama, tapi penting. Yang paling penting adalah pengambangan Hardskill dan Softskill“. Hardskill bisa digali dengan cara kita bermasyarakat dan softskill bisa dipelajari dalam berorganisasi.

Kisah dari Unggul Anggito Adri setidaknya menggambarkan bahwa sebagai mahasiswa kita harus mampu mengeksploitasi dan mengembangkan diri agar kita bisa menemukan dimana dan apa keunggulan dari diri kita. Mahasiswa yang baik adalah mahasiswa yang bermanfaat di masyarakat. Sebagaimana Hadis Nabi SAW, Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain.

Bincang Bintang #1, diakhiri dengan senyum segar para mahasiswa, senyum penuh optimis dan harapan untuk menjadi insan yang lebih baik lagi.

Kegiatan semacam ini, direncanakan rutin diadakan di LTPS. Sehingga LTPS tidak hanya berkembang di dunia Teknologi Pembelajarannya, tapi juga bisa sebagi tempat mengembangkan mahasiswa agar mempunyai kompetensi lebih. Bincang Bintang #2 diagendakan akan mendatangkan Mas Purwoko, seorang Pustakawan Teladan Tingkat Nasional, beliau akan memaparkan nasib perpustakaan di sekolah-sekolah dan seberapa penting perpustakaan untuk dunia pendidikan. Silahkan untuk mahasiswa yang berminat untuk hadir, tidak ada pungutan biaya untuk kegiatan ini. [*]

Diarsip dalam: Berita |