Berbagi Sesama dan Tumbuh Bersama

KABAR LTPS - Admin | 12/11/2016 | 645 kali dibaca

gjgLTPS (12/11/2016) menerima kunjungan dosen dan mahasiswa dari Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo. Sejumlah 20an mahasiswa mengunjungi LTPS untuk study banding tentang penerapan teknologi dalam pembelajaran fisika. Ada yang berbeda dalam penyambutan kunjungan kali ini, dari menggunakan konsep pameran, menjadi praktikum.

Seperti yang telah diketahui bersama, LTPS beberapa kali menerima kunjungan serupa dari berbagai lembaga. Konsep yang biasa digunakan adalah konsep pameran. Kita menampilkan (men-display) beberapa keunggulan laboratorium, mulai dari peralatan, materi praktikum, hingga hasil karya mahasiswa. Pula dijelaskan tentang visi misi laboratorium, arah pengembangan laboratorium, hingga kegiatan unggulan laboratorium seperti riset, praktikum, dan pengabdian masyarakat.

Dalam kunjungan kali ini, LTPS menyuguhkan sajian yang cukup berbeda. Para peserta kunjungan diberi kesempatan untuk turut mencicipi kegiatan praktikum di LTPS. Digawangi oleh Punggawa Muda LTPS, mahasiswa peserta kunjungan dipandu untuk membuat aplikasi media pembelajaran berbasis Android. Tampak para peserta kunjungan begitu antusias mengukuti langkah demi langkah petunjuk kegiatan praktikum.

Peserta kunjungan diajarkan untuk membuat aplikasi kalkulator alih satuan (konversi satuan) suhu untuk smartphone Android. Akhir praktikum peserta kunjungan menghasilkan aplikasi yang diinstall ke HP masing-masing.

Terimakasih yang sebesar-besarnya kami ucapkan atas kunjungan yang dilakukan, dan terimakasih telah memberikan kesempatan untuk LTPS berbagi ilmu, walau hanya seujung kuku. Dengan era keterbukaan informasi seperti sekarang ini, saling berbagi merupakan suatu keniscayaan. Saling berbagi antar sesama, untuk tumbuh bersama, demi menunaikan janji kemerdekaan, mencerdaskan kehidupan bangsa. [91ns]